Met Ultah Pak Polisi

Minggu, 01 Juli 20120 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Sungkeman Idul Adha 2011

Hari ini polisi tengah merayakan ulang tahunya yang ke-66, sebuah usia yang cukup tua untuk ukuran manusia. Banyak sudah kisah yang dibuatnya, namun akan makin banyak lagi kisah yang akan dibuatnya pada tahun, dekade, dan abad yang akan datang.

Sebagai sebuah institusi yang dapat disebut “Super Body”, karena ruang lingkup tugasnya mencakup semua bidang kehidupan masyarakat, polisi dituntut menjalankan tugasnya “MELINDUNGI dan MELAYANI” dengan memuaskan. Tugas berat itu tidak mudah dilakukan polisi kita dalam perspektif luas.

Perkembangan kehidupan politik (ideologi), ekonomi, sosial, budaya dan teknologi yang cepat karena perkembangan global membuat polisi sering kedodoran karena melebarnya tugas yang harus dipertanggungjawabkan kepada masyarakat, bangsa dan negara ini.

Tugas polisi mulai dalam perut bumi, perairan, hutan, gunung, dan di atas permukaan, mulai urusan pertanian hingga penerbangan, mulai pergudangan hingga perkantoran semua mengandung tugas yang berdimensi kepolisian. Di sisi lain jumlah dan mutu polisi masih belum memadai untuk ikut melindungi dan melayani semua itu.

Kepolisian negara ini perlu terus membenahi dirinya, baik dari aspek kualitas maupun kuantitas. Mutu institusi dibentuk dari karakter-karakter individu yang ada di dalamnya. Karakter-karakter itu terbentuk dari nilai-nilai yang diyakini, dilatihkan dan dibiasakan dalam kehidupan tugas institusi.

Karakter yang baik itu dapat dimiliki tentu melalui sistem rekrutmen yang sehat dan pemberian keteladanan oleh para pimpinan terutama pimpinan terdekatnya. Mengenai jumlah polisi yang harus ditambah bukanlah sekedar karena paradigma rasio polisi dan rakyat, tetapi lebih pada luasnya wilayah dan bidang tugasnya.

Pak polisi apa pun kami memerlukanmu, tetap senyum walaupun tidak di hari ulang tahunmu, tetaplah tegas walaupun di hari naasmu… Tak mempan oleh goda, tak jauh dari taqwa, amien.

Palangka Raya, 1/6 2012.
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger