Dunia Nyata Vs Jagat Maya

Sabtu, 07 Juli 20120 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم



Ilustrasi; Salah Obat

Kecanggihan teknologi informatika sudah sangat pesat, bahkan kecanggihannya mampu membuat kita menjalani kehidupan ganda di dunia yang berbeda. Satu sisi kita hidup di dunia nyata di sisi lainnya kita sudah menjadi bagian dari kehidupan jagad maya. Ada juga yang menyebutnya dunia offline dan online.

Dunia nyata adalah kenyataan sehari-hari yang kita alami, yang mau tidak mau, suka tidak suka harus kita hadapi serta jalani. Dunia yang berisi berbagai peristiwa lengkap dengan permasalahannya yang sering menguras energi dan pikiran kita. Dunia yang penuh dengan tekanan hidup yang menyebabkan orang-orang yang menghadapinya tidak hanya merasakan keletihan fisik, namun juga keletihan mental spiritual.

Bahkan dunia yang secara psikis dapat membawa orang-orang tanpa pikir panjang melampiaskannya dengan mengkonsumsi obat-obat terlarang atau tindakan konyol lainnya.Semua itu terjadi karena mereka tidak mendapatkan support, perhatian dan kepedulian yang cukup untuk mencegah dari perbuatan negatif.

Ironis memang, di dunia nyata dimana orang-orang sering bertemu secara fisik, bertatap muka secara langsung dan berbicara, namun sulit sekali seseorang menemukan orang yang bisa dipercaya untuk mendengarkan secara tulus uneg-uneg, keluhan dan curahan hatinya.

Akhirnya, kehadiran dunia maya dengan segala fasilitasnya berupa jejaring dan media sosial menjadi “sahabat baik” yang siap untuk menerima segala keluhan dan curahan hati para penggunanya.

Coba anda simak, apa saja yang diungkapkan seseorang pada saat update status di facebook atau twitter. Sebagian besar berisi ungkapan curahan hati seseorang; senang, kesal, sedih, marah, kecewa, sampai dengan harapan dan doa semuanya ada, meski setahuku tuhan itu tak punya akun fb, twitter dsb.

Tidak hanya itu, selain menjadi tempat menumpahkan segala keluh kesah dan curahan hati, jejaring dan media sosial juga telah menyiapkan diri sebagai “sahabat” yang siap untuk memberi energi positif berupa support, perhatian dan nasehat.

Berbagai support dan perhatian yang berkelimpahan serta menguatkan hati anda akan anda terima tanpa dibatasi waktu.  Beragam kalimat yang berisi motivasi dapat baca dan praktekkan sesuai keperluan, tinggal dipilih.

Kalau di dunia nyata, bisa jadi anda susah mencari teman yang bisa mendengar, memahami dan sekaligus memotivasi, sebaliknya di dunia maya, anda akan susah untuk memilih sekian banyak teman yang siap setiap saat untuk memberi motivasi.

Kasongan, 7/7 2012.

Disclaimer;
Ditulis berdasarkan pengalaman penulis, bukan artikel ilmiah yang harus ditanggapi dengan serius. Kecuali anda kurang kerjaan.
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger