Sindrom Saba Kota; Ababil Alay

Sabtu, 19 Mei 20120 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


LEBAY; Ababil Alay
Perasaan aku ini metropolisman (orang kota) yang belum lama tinggal di pedalaman belantara kalimantan. Tapi setiap turun ke kota, tetap saja suka kaget dengan lingkungan yang mendadak terasa asing. Yang paling terasa adalah soal makanan. Setiap kali lihat warung makan pengennya masuk dan segala dicicipin. Apalagi kalo nemu mall, saldo ATM yang tak seberapa jumlahnya menjadi sasaran, tak peduli bulan depan cukup makan indomie telor.

Tinggal disebuah kota kecil yang minim akan fasilitas, kadang kaget melihat tingkah polah anak-anak kota. Sempat bengong liat ababil alay jongkok di jalanan. Kirain kebelet ngga sempat nyari wc umum. Saat kutanyain sama temennya yang nungguin di trotoar, katanya cuma mau nyegat cewek incerannya buat menyatakan cinta, hoeks...

Jujur aku bingung mau komentar apa. Tayangan tipi sudah meminggirkan kearifan lokal yang dulu menjadi tuntunan anak muda. Payahnya sebagian masyarakat kita mulai bisa menerima itu sebagai norma yang berlaku di masyarakat. Anak sekolah ciuman di pinggir jalan kayaknya sudah bukan hal aneh lagi. Sangat jauh berbeda saat jaman SMA ku dulu, mau ngapel saja harus bawa buku dengan alasan belajar bersama. Boro-boro bisa nyium, duduk saja bersebrangan meja. Senggolan kulit dikit aja rasanya teramat luar biasa. Apalagi waktu ngeboncengin pake sepeda motor dan harus ngerem mendadak ada kucing nyelonong. Bekas benturan empuk di punggung sampe 3 hari masih terasa.

Bahas masalah pacaran, aku jadi teringat dengan tiga temenku kuliah yang datang dari daerah,  mereka bertiga kompakan banget dalam banyak hal, kecuali soal pacaran. Yang satu lagi kasmaran bisa naklukin cewek idamannya setelah berjuang berbulan-bulan. Yang satu pacaran jarak jauh karena ceweknya jadi TKI. Dan yang terakhir alhamdulillah masih jomblo.

Perbedaannya terlihat waktu malem minggu. Yang satu asyik berduaan, yang satu senyum-senyum di depan laptop, satunya lagi ngremes-remes tisu nonton orang pacaran. Saat yang satu lagi pacaran sambil main gitar, yang satu sibuk menulis lagu untuk sang pacar. Yang terakhir ngga mau kalah menenteng gitar nyamperin, "ngamen di Tugu Muda yuk..."

Ketika yang satu ngetik sms i love you, satunya ngetik i miss you, yang satu juga sibuk ngetik sms. Tapi bunyinya reg spasi jodoh. Pas lagi ngumpul bertiga trus nemu cuaca panasnya luar biasa, yang satu nelpon pacarnya "panas banget, beb. Ke Bandungan yuk.." Yang satu buruan sms, "udah dulu ya, say. Panas neh, pengen ngadem ke Bandungan.." Satunya lagi nelpon, "panas ki, mbok. Jadi jemur kasur ngga..?"

Wah ngga nyambung, awalnya pengen bahas sindrom saba kota kok malah jadi ngomongin orang pacaran. Biar makin ngga nyambung, sekalian ku selipkan di catatan ini doa buat Bayern Munich, semoga dalam final Liga Champion nanti dapat menumbangkan The Blues. Jadiakan Allianz Arena bener-bener jadi milikmu. Berburu cemilan, rokok, plus kopi,...chap chus coy.
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger