Perjalanan Pimred Muda Didikan Jawa Pos II

Selasa, 12 Maret 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Terkadang Juga galau

(Sebelumnya, "Dari JurnalisKampus Menjadi Pimpinan Redaksi")

Sururi Alfaruq; Wartawan jangan cengeng//Key notter dalam acara bertajuk, “Antara jurnalisme dan idealisme jurnalis muda Indonesia”

@Sei Katingan spot

Dua puluh tahun malang melintang di dunia jurnalistik membuat ayah empat anak ini kenyang pengalaman, baik itu dalam kinerja kewartawanan, maupun dalam urusan manajerial perusahaan pers. Meski di pertengahan kariernya Faruq sempat merasa ingin berhenti menjadi jurnalis, kecintaannya pada profesi ini menariknya kembali.

Faruq mengibaratkan, dia sudah terlanjur memilih profesi ini. Karena itu, Faruq merasa harus bertahan, berjuang, dan tidak boleh cengeng menjalaninya. Dia tidak menampik, pada saat-saat tertentu merasakan kejenuhan dan ketidakstabilan emosi dalam hari-harinya sebagai wartawan. Misalnya, dalam satu minggu, bisa jadi Faruq merasa down selama dua hingga tiga hari. Tetapi, situasi itu tidak dibiarkannya berlarut. Menurut Faruq, ketika merasakan hal itu, maka seseorang harus kembali bangkit. Dengan begitu, kita memiliki daya tahan yang kuat.

Pria berkacamata ini menyayangkan, saat ini banyak wartawan muda yang merasa sudah menjadi jurnalis hebat meski baru satu tahun bekerja, padahal menulis saja belum bisa. Kemudian, ujar Faruq, ketika belum mendapatkan kenaikan gaji, mereka pun mengeluh dan memilih berhenti untuk mencari media dengan gaji lebih besar.

Dirinya sering sharing dengan teman teman temannya, jika sudah memilih profesi ini, maka kita harus berjuang dan mencetak prestasi agar menjadi terbaik. Paling tidak, jika kita menjadi jurnalis yang memiliki track record baik, tetapi tidak diperhatikan perusahaan, maka akan ada orang lain, perusahaan lain, yang memerhatikan kita. (Bersambung, Overview Profesi Jurnalis Media Cetak)

Palangkaraya, 12/3 2013.
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger