Perjalanan Pimred Muda Didikan Jawa Pos III

Sabtu, 16 Maret 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Overview Profesi Jurnalis Media Cetak

(Sebelumnya, Terkadang Juga galau)

Sururi Alfaruq; Wartawan jangan cengeng//Key notter dalam acara bertajuk, “Antara jurnalisme dan idealisme jurnalis muda Indonesia”
Go'es to Tumbang Samba
Profesi jurnalis media cetak bisa dibilang yang paling tua di antara jurnalis media lainnya. Di tengah konvergensi media yang kian pesat, animo kawula muda untuk menjadi jurnalis media tidak surut mengingat platform cetak masih cukup kuat. Apa dan bagaimana profesi jurnalis media cetak ini?

Plus Minus

Menurutnya, ada seni yang unik dalam profesi jurnalis, khususnya jurnalis media cetak. Meski di bawah tekanan yang sangat kuat dari banyak pihak, seorang jurnalis memiliki kemudahan dalam berbagai hal dan akses yang tidak dimiliki profesi lain. Profesi ini memiliki kebebasan dan fleksibilitas tersendiri. Misalnya, kita bisa mengatur sendiri waktu kerja.

Namun, tuntutan kerja yang begitu tinggi membuat seorang jurnalis sering kali harus memilih di antara berbagai opsi yang sulit. Faruq bercerita, suatu saat orangtuanya sakit keras, tetapi dia tidak bisa pulang untuk mendampingi mereka karena masih memiliki tanggungan tugas kejurnalistikan. Situasi ini, diakui Faruq, sangat pelik dan tidak mudah dihadapi.

Mantan jurnalis kampus ini berujar, meski begitu cinta pada profesi jurnalis, bukan berarti dia tidak menangis ketika merasa tertekan. Baginya, hal ini wajar karena dia hanyalah manusia. Dia mengenang, sering kali, ketika seharian sudah bekerja keras dan menulis tujuh hingga delapan berita, dia masih harus mendengar makian dari sang redaktur. Hal itu kontan membuatnya sedih, terlebih lagi jika yang memaki itu editor perempuan.

Meski demikian, dirinya menganggap itu sebuah risiko profesi. Ketika itu ia berpikir, “ya, mau bagaimana lagi, saya kan bawahan, memang tugas saya dimarah-marahi. Saya dengan besar hati menerimanya meski saya menangis. Yang penting saya tetap berpikir positif,” ungkapnya. (Bersambung, Prospek Karier)

Kasongan, 16/3 2013.
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger