Perayaan Tahun Baru Di Kasongan Meriah

Kamis, 02 Januari 20141komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Ditulis untuk PALANGKA EKSPRES//Jawapos Group

Jagat Aryani//Artis Ibokota
Meski pesta perayaan tahun baru di Kasongan sempat diguyur hujan, namun acara malam pergantian tahun di ibu kota Kabupaten Katingan ini begitu meriah. Selepas maghrib saja, suasana kota Kasongan telah diributkan suara terompet khas tahun baru di beberapa sudut kota. Ritual tahunan ini juga dimeriahkan Artis Ibukota, Jagat Aryani dan Via (KDI).

Langit Bumi Kasongan malam itu telah diwarnai oleh berbagai jenis kembang api. Jalan-jalan utama pun mulai dipadati kendaraan dari berbagai arah. Di beberapa tempat, begitu banyak masyarakat Kasongan yang sengaja membuat pesta. Dengan perangkat sound system seadanya, tidak sedikit dari mereka yang sengaja melewati malam menggunakan alunan musik dengan volume tinggi.

Semua kemeriahan tersebut merupakan rangkaian acara perayaan pergantian tahun. Hampir sama dengan ragam acara di beberapa kota besar lainya. Di Kasongan sendiri, perayaan malam tahun baru dipusatkan di Lapangan Gagah Lurus, Kasongan.

Ribuan masyarakat dari berbagai arah, malam itu berkumpul di tempat ini. Pemkab Katingan sendiri telah mengundang dua artis ibukota dan menyiapkan panggung berukuran besar sebagai tempat pertunjukan live musik.

“Tahun baru kali ini memang semarak, semua berbaur. Penjualnya, orang tuanya, anak-anaknya. Pokoknya semuanya ikut dalam pesta pergantian tahun. Pokonya menarik,” ungkap Heri, salah satu warga Kasongan Lama. Kemarin (1/1) dini hari.

Acara yang di ramaikan oleh artis Ibukota dan artis lokal Katingan ini juga dihadiri oleh Bupati, Sekda Katingan, Kapolres, Perwira Penghubung beserta Isteri. Selain itu, sejumlah pejabat lingkup Pemerintah Kabupaten ikut memeriahkan malam pergantian tahun di tempat tersebut.

Di sekitar panggung utama sendiri, ribuan pasang kaki seolah tak beranjak dari tempatnya. Semuanya menunggu detik-detik pergantian tahun. Dari anak-anak hingga dewasa berbaur di tempat itu. Tak ada sekat, semuanya seolah memiliki kepentingan yang sama. Menunggu saat tahun 2014 meningalkan 2013.

Hingga tiba saat yang ditunggu-tunggu. Tepat pukul 00.01 WIB, saat waktu tahun 2014 dimulai, ratusan kembang api seolah merubah warna langit kota Kasongan. Secara bergantian dan tak terputus selama 10 menit lebih, ribuan pasang mata dimanjakan dengan tontonan pertunjukan kembang api.

Suara terompet bagaikan aba-aba bagi sejumlah kembang api untuk meluncur bebas ke angkasa. Suara yang sambung menyambung mengiringi warna-warni kembang api di langit kota Kasongan malam itu.

Kemeriahan pesta tahun baru di Stadion Kereng Humbang malam itu tak hanya dinikmati oleh masyarakat Kasongan sendiri. Banyak dari pengunjung yang berasal dari daerah lain. Rata-rata dari mereka mengaku takjub dengan pesta tahun baru di Bumi Penyang Hinje Simpei ini.
Istri Bupati Tak Kalah Heboh Hibur Warga Kasongan
“Baru kali ini saya habiskan malam pergantian tahun di Kasongan. Sebelumnya saya habiskan malam tahun baru di kota lain seperti Palangkaraya atau Sampit. Ternyata, tidak kalah meriah pesta tahun baru di sini. Meski pertunjukan kembang apinya tidak begitu lama, namun jumlah pengunjungnya sangat ramai. Luar bisa,” kata salah seorang warga Tumbang Samba, Busra, yang melewatkan malam itu bersama seorang teman di Kasongan.

Pertunjukan kembang api selesai, terlihat para pengunjung mulai meninggalkan Stadion. Hingga sekitar pukul 1 dini hari, suasana di lokasi perayaan pesta tahun baru kembali sepi. Yang tersisa hanya sampah yang berserakan di beberapa titik. Tanda bahwa sebelumnya ditempat itu telah tercipta keramaian yang luar biasa. Selamat tinggal 2013, selamat datang 2014. Selamat tahun baru.
Share this article :

+ komentar + 1 komentar

10 Juni 2018 pukul 13.59

Artikel menarik... Sharing is Caring.

dan Menangkan Jackpot Ratusan Juta bersama kami :

- Bonus New Member 30% (Rp. 100.000)
- Bonus Depo Harian 15% (Rp. 50.000)
- Bonus Referral Tak Terbatas 15% (Puluhan Juta Rupiah Setiap Minggu)
- Bonus Trunover mingguan 0.5%

Salam Poker Indonesia,
Agen Poker IDN dan Bandar Ceme Online

https://MEDALPOKER.fun

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger