Indonesia Butuh Sosok Chaves

Jumat, 08 Maret 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Hugo Chaves/Ist
Dua tahun berjuang melawan penyakit kankernya, akhirnya Presiden Venezuela Hugo Chavez meninggal dunia pada hari Selasa (5/3/2013), sekitar pukul 16.25 waktu setempat. Tentu saja meninggalnya orang nomor satu di Venezuela ini membuat rakyatnya berduka cita akan kepergian sang presiden. Presiden Chavez merupakan sosok yang dekat dengan rakyat dan mensejahterakan rakyat dengan uang hasil ekspor minyak untuk mendukung kebutuhan sandang, pangan, papan penduduk Venezuela.

Kabar meninggalnya Chavez segera tersiar ke seluruh dunia. Tidak terkecuali di Indonesia. Di jejaring sosial, khususnya Facebook dan Twitter, tak sedikit masyarakat Indonesia yang mengungkapkan rasa belasukangkawa untuk pemimpin revolusioner itu.
 
Ini membuktikan bahwa rakyat Indonesia sangat merindukan sosok pemimpin seperti Chavez. Maklum, setelah Bung Karno, tidak ada lagi pemimpin yang pro-rakyat dan anti-imperialisme. Bahkan, dalam beberapa tahun terakhir, ketika Indonesia makin terjerembab dalam kehancuran akibat neoliberalisme, banyak orang Indonesia yang menjadikan Chavez sebagai sumber inspirasi.
 
Chavez dianggap sebagai sosok pejuang anti-neolberalisme dan anti-kapitalisme yang konsisten. Di Indonesia, rakyat tidak melihat ada pemimpin politik yang seperti Chavez, banyak ide-ide besar Bung Karno, terutama Trisakti, justru dibumikan oleh Chavez di Venezuela. Saat ini Venezuela sangat berdikari di bidang ekonomi. Politiknya sangat berdaulat dan demokratis. Chavez juga giat membangkitkan jiwa dan kepribadian bangsa Venezuela. Ini Fakta.

Tak hanya itu, jika di Indonesia cita-cita pasal 33 UUD 1945 dicampakkan oleh penyelenggara negara, justru politik perekonomian Venezuela di bawah pemerintahan Chavez sangat senapas dengan cita-cita pasal 33 UUD 1945. Di Venezuela, aset strategis sudah dikuasai oleh negara dan dipergunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyatnya. Bahkan, supaya tercipta demokrasi ekonomi, Chavez mendorong partisipasi rakyat dalam produksi bersama dan self management.

Terkait konsep Bung Karno mengenai tata dunia baru di bawah  panji-panji New Emerging Forces (NEFO) juga dipraktekkan dengan sangat baik oleh Chavez. Chavez mendorong integrasi regional Amerika Latin berdasarkan semangat solidaritas dan anti-imperialisme. Itu sangat nyata dalam pembentukan ALBA (Aliansi Bolivarian Untuk Rakyat Amerika latin). Chavez juga bikin Bank Selatan sebagai alternatif IMF dan Bank Dunia.

Sekalipun Chavez sudah tidak ada, tetapi warisan perjuangannya akan terus berkobar diantara rakyat dan bangsa-bangsa tertindas. Jasadnya boleh saja mati, tetapi semangat dan ide-ide perjuangannya akan terus hidup sepanjang zaman, Selamat Jalan El Commandante Hugo Chavez,... Kami mencintaimu.
 
Palangkaraya, 6/3 2013 
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger