Lebaran Sudah Menjadi Perayaan [Kapitalis]

Minggu, 11 Agustus 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Ilustrasi
Makin kesini, ternyata tradisi Lebaran kita semakin berwajah “perayaan” daripada “ibadah social”. Salah satu indikasinya yakni dengan masifnya campur tangan kaum pemodal untuk mendulang keuntungan

Dari pengamatan salah satu praktisi ekonomi dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, Ahmad Ma'ruf, pada dialog “Konsumerisme Lebaran” di salah satu forum jagat maya mengungkapkan, dalam momentum Lebaran, nilai belanja pada semua kelompok masyarakat meningkat tajam. Bagi pelaku bisnis, itu tentunya menjadi momentum mendulang keuntungan.

Momentum inilah yang tak mau dilewatkan para pebisnis, mereka memanfaatkan momentum yang secara sosial masyarakat menganggap wajar apabila mengeluarkan “extra cost” dalam tradisi tersebut. Semua proses disadari meskipun sering juga terjadi keterpaksaan karena ada pengkondisian oleh lingkungan sosial.

Dengan adanya peningkatan mobilitas manusia, barang, dan jasa membuat kegiatan ekonomi pada semua daerah meningkat tajam, Sehingga Lebaran tahun ini diperkirakan akan terjadi peningkatan perputaran uang lebih dari Rp 83 triliun secara nasional. Hal itu yang menjadikan kaum pemodal sebenarnya lebih berpesta daripada rakyat pada umumnya.

Dari “pengkondisian” inilah kaum pemodal mendapat rezeki berlimpah dari eforia konsumsi yang semakin meningkat seiring “provokasi” iklan produk maupun promosi pusat-pusat belanja di berbagai media massa maupun media promosi.

Dari perhitungan Ahmad Ma’ruf, selama Ramadhan dan Lebaran, pengeluaran rumah tangga kelompok miskin rata-rata meningkat 45 persen. Dari kondisi inilah penulis berpandangan bahwa tradisi lebaran kita sudah mulai bergeser dari makna sesungguhnya.

Terakhir, izinkan penulis bersajak untuk lisan yang tidak terjaga untuk janji yang terabaikan untuk hati yang berprasangka untuk sikap yang menyakitkan di hari yang fitri ini, dengan tulus hati saya mengucapkan mohon maaf lahir & bathin semoga allah senantiasa membimbing kita berbarengan di jalannya. Amin.

Semarang 9/8 2013.
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger