Sedikit Tentang Manfaat Berorganisasi

Senin, 16 September 20130 komentar

بِسْــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم


Ini sekilas jawaban terkait pertanyaan kawan-kawan mahasiswa baru yang sebagian besar mempertanyakan apa manfaat berorganisasi, selain dari pengalaman pribadi, catatan ini saya ambil dari berbagai sumber, monggo di cek…

Penulis with maba Unpar
 Upgrade softskill

Softskill merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam menyambut tantangan globalisasi, saat ini tidak cukup dengan hanya mengandalkan IPK yang tinggi, softskill pun berperan aktif dalam menetuntukan nasib kita, nah… disini oraganisasi sangat membantu sekali dalam proses ugrade soft skill tersebut.

Melatih Leadership

Setelah masuk organisasi akan banyak yang diurus. Jika saat ini belum terbayang seperti apa rasanya mengarahkan teman-teman sendiri, jika nanti sudah berpartisipasi dalam organisasi, sadar atau tidak sadar, kawan-kawan akan terperangah bahwa sesungguhnya kawan-kawan mampu melakukannya.

Di dunia kerja, keterampilan leadership ini pasti bermanfaat sekali. Seringkali di lowongan-lowongan kerja memasukkan leadership sebagai salah satu kriteria untuk calon karyawan barunya, meskipun untuk posisi level staf yang sebenarnya tidak memiliki bawahan. Kamu yang mengikuti organisasi mahasiswa dipandang lebih memiliki inisiatif serta dapat memotivasi dan mengarahkan diri sendiri dan rekan dalam bekerja. Atasan juga lebih senang karena tidak harus mengarahkan kamu terus menerus.

Wadah bertukar pikiran dalam berbagai disilpin ilmu

Ada satu hal yang mungkin tidak di sadari oleh kebanyakan kawan-kawan mahasiswa, bahkan merupakan suatu keharusan  yakni budaya diskusi. Budaya ini sudah lama mendarah daging yang dahulunya di lakukan oleh mereka yang telah sukses salah satunya budi utomo dimana beliau dengan pemikir-pemikiranya mampu membakar semangat para pemuda ini semua tidak terlepas dari diskusi-diskusi dalam proses bertukar pikiran.

Memperluas Jaringan atau Networking

Di dalam organisasi akan banyak orang baru yang akan kawan-kawan kenal. Teman-teman mahasiswa seangkatan, senior, mahasiswa dari jurusan lain, orang lain atau praktisi di bidang organisasi atau jurusan yang kawawan pilih, dan sebagainya.

Mereka ini (bisa juga disebut sebagai jaringan) jangan diremehkan, karena merupakan aspek yang penting, terutama bagi fresh graduate dan mereka yang sedang mencari pekerjaan. Rekomendasi kandidat dari karyawan yang sudah bekerja di perusahaan tersebut biasanya prosesnya bisa lebih cepat, karena mereka telah memiliki gambaran dari karyawan dalam tersebut mengenai kamu sebagai calon karyawan baru.

Mengasah Kemampuan Sosial

Mereka yang tergabung dalam organisasi, umumnya secara sosial juga lebih aktif, kawan-kawan juga akan terlatih berinteraksi dengan berbagai macam tipe orang. Tidak hanya teman-teman satu jurusan, tapi juga dengan teman-teman dari program studi yang lain. Dengan ini, tentu akan semakin memperluas pemahaman kawan-kawan akan berbagai karakteristik orang.

Sesuai pengetahuan umum, manusia adalah individu unik. Semakin luas pergaulan, maka pemahaman akan manusia dapat semakin kaya. Saat bekerja nanti, keterampilan ini akan sangat membantu. Kawan-kawan akan lebih berpengalaman berinteraksi dengan berbagai karakter rekan kerja, sehingga nantinya akan memudahkan kinerjanya kawan-kawan sendiri.

Problem Solving dan Manajemen Konflik

Banyak berinteraksi dengan orang dari berbagai karakteristiknya, merupakan hal yang lumrah jika satu atau dua kali terlibat konflik dengan mereka. Demikian juga di dunia kerja, di mana deadline yang mendesak, rekan kerja yang kurang kooperatif atau sukanya menjatuhkan rekan kerja di depan atasan, dan lainnya yang rentan menimbulkan konflik. Jika sudah terbiasa mengatasi masalah dan konflik, ini akan menjadikan diri kawan-kawan tidak akan kaget lagi dan sudah terbayang hal-hal yang sebaiknya dilakukan untuk menyelesaikan masalah agar tidak sampai menurunkan perfoma kerja.

Mengembangkan minat dan bakat

Saya percaya bahwa setiap manusia yang terlahir di dunia ini pasti memiliki minat dan bakat berbeda-beda, tergantung disiplin apa yang digeluti. Namun tidak sedkit dari mereka memiliki potensi dalam diri harus rela mengusap dada karena tidak bisa mengejar atau memaksimalisaikan potensi tersebut. Perlu adanya tempat atau wadah yang terorganisir untuk mengembangkan potensi yang ada pada diri kita. Disini organisasi memliki peran cukup urgen Untuk mengembangkan minat dan bakat tersebut setidaknya sarana menyalurkan minat dan bakat.

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa organisasi mahasiswa berperan sebagai ajang simulasi atau latihan dunia kerja yang sesungguhnya. Hal ini disebabkan karena bangku sekolah atau perkuliahan tidak mengajari kemampuan-kemampuan yang tergolong soft skills seperti ini.

Saat berada di dalam kelas, kita sebatas mendapat pengetahuan teknis akan suatu disiplin ilmu. Di buku-buku teks yang banyak dijual di pasaran sebenarnya banyak mencantumkan teori-teori dan tips-tips praktis mengenai soft skills ini. Namun jika tidak dipraktekkan ke dalam bentuk perbuatan nyata atau benar-benar melakukannya, ya sama saja nihil. Karena berkaitan dengan soft skills ini, ada perbedaan mendasar antara tahu teori dan mampu mempraktekkannya ke dalam kehidupan sehari-hari, termasuk di kantor.

Berdasarkan pengalaman para recruiter perusahaan, seringkali memiliki riwayat organisasi memang merupakan nilai tambah bagi calon pegawai baru. Seperti poin-poin mengenai manfaat organisasi di atas, kebanyakan perusahaan berpendapat bahwa calon pegawai yang memiliki pengalaman organisasi lebih terlatih jiwa kepemimpinannya, memiliki manajemen waktu yang lebih baik, jaringannya yang lebih luas, keterampilan interpersonalnya juga lebih baik, serta pemilihan solusi dan pemecahan masalah yang lebih baik dan lebih terlatih menyelesaikan konflik jika dibanding mereka yang tidak memiliki pengalaman organisasi.


Palangkaraya, 14/9 2013
Share this article :

Posting Komentar

Followers My Blog

 
Support : Creating Website | Fahruddin Fitriya SH | Kecoak Elektronik
Copyright © 2012. PENA FITRIYA - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Vitrah Nusantara
Proudly powered by Blogger